Main Article Content

Abstract


Nyeri menstruasi (dismenore) adalah suatu istilah medis untuk kejang otot bagian perut bagian bawah yang meluas hingga ke pinggang, punggung bagian bawah dan paha perut rahim, dapat mengganggu kenyamanan serta aktivitas sehari- hari. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri menstruasi (dismenore) secara non farmakologi salah satunya yaitu Kompres Hangat Jahe Merah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Jahe Merah Terhadap Penurunan Nyeri Menstruasi (dismenore) Pada Remaja Putri Di Klinik Nurhikmat Medika Cikande Kabupaten Serang Banten Tahun 2022.




Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Quasy Experimental menggunakan pendekatan Pretest- Posttest Two Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan Accidental Sampling dengan 26 responden. Analisa data yang di gunakan adalah analisis Univariat dan Bivariat. Hasil analisa data dengan menggunakan Uji t didapatkan hasil p-value = 0,000 adanya pengaruh pemberian kompres hangat jahe merah terhadap penurunan nyeri menstruasi (dismenore) pada remaja putri di Klinik Nurhikmat Medik Cikande Kabupaten Serang Banten Tahun 2022.




Kesimpulan penelitian ini yaitu derajat nyeri menstruasi (dismenore) yang di alami oleh remaja putri mengalami penurunan setelah diberikan kompres hangat jahe merah. Sebelum diberikan kompres hangat jahe merah remaja putri mengalami nyeri berat terkontrol, sesudah diberikan kompres hangat jahe merah remaja putri mengalami nyeri sedang. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa kompres hangat jahe merah terhadap penurunan nyeri menstruasi (dismenore) pada remaja putri dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi (dismenore).


Article Details