Isi Artikel Utama
Abstrak
HIV/AIDS menjadi masalah kesehatan yang mengancam Indonesia dan dunia. Menurut data WHO pada tahun 2021 ditemukan 38,4 juta orang hidup dengan HIV. Di Indonesia ditemukan kasus HIV sebanyak 329.581 dan AIDS sebanyak 137.397. Akibat adanya penolakan dari masyarakat menyebabkan penderita HIV/AIDS mengalami depresi, strees, dan memiliki rasa ingin bunuh diri. Minimnya pengetahuan tentang HIV/AIDS menjadi penyabab banyaknya kasus di Indonesia terutama di usia produktif. Studi pendahuluan yang dilakukan mendapatkan hasil 65% siswa memiliki pengetahuan rendah tentang HIV/AIDS. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi melalui media video animasi dan slide terhadap pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS. Penelitian menggunakan metode kuantitif dengan desain quai eksperimental. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X dan XI SMK Bina Pendidikan 2 Bogor. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji T-Dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa mengenai HIV/AIDS meningkat menjadi 86,67 dengan media video animasi dan 82,29 dengan media slide dengan nilai P Value 0,000 (<0,05). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh promosi kesehatan dengan media video animasi dan slide terhadap pengetahuan HIV/AIDS pada siswa SMK Bina Pendidikan 2 Bogor. Diharapkan guru beserta pihak sekolah memberikan penyuluhan kesehatan dengan rutin menggunakan media video animasi dan slide yang kreatif
Kata kunci : HIV/AIDS, video animasi, slide